News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siapa Kuat Raup Suara di Pilkada Prabumulih 2024 ?

Siapa Kuat Raup Suara di Pilkada Prabumulih 2024 ?

Penulis : Aditya

Sriwijaya News : 12 September 2024



SRIWIJAYANEWS | Prabumulih,--  Pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota Prabumulih 2024 resmi ditutup .Tiga poros Koalisi dipastikan berkontestasi dalam ajang mencari pemimpin lima tahunan ini.


Artinya masyarakat Prabumulih disuguhkan tiga pilihan  menu calon pemimpin yang dianggap mampu mengatasi beberapa permasalahan krusial di Bumi Seinggok- Sepemunyian, salah satunya masalah pengangguran.


Tiga poros Koalisi tersebut adalah poros Koalisi " Laky"   pasangan H Arlan -  Franky Nasril. Poros yang membawa isu perubahan ini diusung oleh 11 partai politik dengan 10 kursi di parlemen terdiri dari  Partai Gerindra ( 5 kursi), PAN (2 kursi), Hanura (2 kursi) dan PBB (1 kursi) dan Partai non parlemen partai Gelora, partai Prima ,PKN,PKB, Ummat,Partai Buruh  dan partai Garuda.


  Poros koalisi kedua mengusung tagline Keberlanjutan   " Ber-gema," pasangan  Suryanti Ngesti Rahayu- H Mat Amin  memiliki 16 kursi dewan diusung oleh lima partai besar Partai Demokrat (5 kursi), Golkar (4 kursi), PKS (4 kursi) ,PPP (2 kursi) dan Nasdem (1 kursi).


Dan ketiga poros " Ber-Fikir " pasangan  Andriansyah Fikri- Syamdakir yang diusung oleh PDI-P (4 kursi) dan PSI yang menjadi Koalisi satu-satunya di Indonesia bisa bersama di kontestasi pilkada 2024.


Ketiga pasangan calon ini akan mempereputkan sekitar 144 Ribu suara dihari pencoblosan 27 Nopember 2024 mendatang.


Layak diulik siapa sebenarnya calon pemimpin Prabumulih kedepan yang akan bertarung dan bagaimana peluangnya untuk menduduki kursi Prabumulih 1.


Calon Walikota Poros " Ber_Gema," yang mengusung isu keberlanjutan,  Suryanti Ngesti Rahayu  Ridho sudah tidak diragukan lagi, 33 tahun dibirokrat dan pengalaman mendampingi suaminya Ridho Yahya sebagai walikota Prabumulih dua periode dianggap sebagai landasan untuk meneruskan program-program Ridho  yang manfaatnya terasa langsung ke masyarakat sehingga mendulang apresiasi masyarakat dengan tingkat kepuasan  hingga 90 persen .


Hal ini dapat menjadi cerug suara yang orientasinya cukup besar yang lahir dari pendukung Ridho Yahya karena  melalui program pro rakyatnya Ridho Yahya seperti Pembangunan rumah tidak layak huni atau Bedah Rumah dan Gas kota dianggap berperan besar dalam memajukan Kota Prabumulih hingga seperti saat ini.


Namun kontribusi Ngesti Rahayu juga tidak bisa dipandang sebelah mata, tidak hanya aktif di berbagai kegiatan sosial seperti PMI , Wanita ini juga dikenal ulet dan gigih dalam memperjuangkan nasib kaumnya melalui Kelompok wanita tani dan PKK sehingga mampu mendorong peningkatan ekonomi keluarga secara sinifikan.


Ibu tiga anak ini juga aktif  menyuarakan emansipasi wanita sehingga dalam visi misinya memprioritaskan program  pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.


Selain diusung Lima partai besar , pasangan ini juga dinilai memiliki cerug suara yang besar yang berasal dari basis pemilih Islam yang datang dari jagoan PKS H Mat Amin yang terus bergrilya  dan terus terjun kemasyarakt untuk belanja masalah dalam merebut hati masyarakat . Lima kursi yang direbut dari pileg kemarin menjadi potret tersendiri jika Anggiota DPRD Prabumulih tiga periode ini layak mendampingi Hj Ngesti Ridho untuk memimpin Prabumulih lima tahun kedepan.

Apalagi saat ini Partai Demokrat yang menjadi pemenang di Pileg Prabumulih 2024 berada di barisan terdepan di Koalisi Ngesti- Ridho. Basis suara dan mesin partai yang solid yang dimiliki partai berlambang Mercy ini di nilai mampu menjadi solusi dalam mendapatkan simpati masyarakat dengan program sosial seperti " Jumat berbagai," yang konsisten dilakukan tiap satu Minggu sekali.


PKS juga terkenal memiliki mesin politik yang solid dan basis suara massa militan yang kompak dalam melakukan gerakan politik dan sosialisasi ke masyarakat .


Calon walikota dari Poros " LAKy,"  H Arlan  yang merupakan anak seorang petani yang menjelma menjadi salah satu seorang pengusaha sukses di Prabumulih.Pria ini mengawali karir politiknya  sebagai Ketua Penasehat Partai Gerindra Prabumulih.


Meskipun terbilang baru , namun Pria yang akrab disapa cak Arlan ini mempunyai mobilitas yang tinggi dalam upaya merebut hati masyarakat.Kesuksesan putrinya Leony yang berhasil menjadi peraih suara terbanyak di dapil Prabumulih Barat- RKT menjadi bukti nyata jika figur ini mempunyai basis elektoral yang patut diperhitungkan.


Dua tahun terakhir ini Cak Arlan  terus melakukan sosialisasi turun langsung kemasyarakat dalam rangka mengejar elektoral dengan menggelar beberapa kegiatan sosial dan kemasyarakatan sehingga popularitas dan elektabilitas nya saat ini terbilang bagus dan bisa menjadi modal dalam merebut kursi Prabumulih 1.


Sedangkan pasangannya ,Franky Nasril memiliki pengalaman sebagai anggota DPRD Prabumulih. Politisi Partai Hanura Prabumulih ini dinilai mampu mengakomodir kepentingan generasi Z dan Kaum milinial.


Sementara  pasangan " Ber_Fikir"  Fikri-Syamdakir juga tak kalah mentereng.Sebagai figur yang lahir di Kota Seinggok- Sepemunyian membuat nama keduanya sudah tak asing lagi di masyarakat .

Sosok calon walikota Andriansyah Fikri yang merupakan kader terbaik PDIP Prabumulih yang pernah menjabat Ketua DPRD dan dua periode  menjadi wakil walikota.


Meskipun hanya diusung PDIP dan PSI  yang maju karena keputusan MK,  namun pengalaman dua periode mendampingi Ridho Yahya sebagai wakil walikota , Fikri layak diperhitungkan karena sedikit banyak mengetahui strategi dan cerug suara yang dimiliki mantan pasangannya ,Ridho Yahya.


Untuk calon wakil walikota Syamdakir Amrullah  sebelumya menjabat Ketua DPC Golkar Prabumulih ,  sejak muda aktif di organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di Prabumulih.Mulai dari  Ketua KNPI Prabumulih dan FKPPI pernah di pegang pengusaha kontraktor ini yang membuat jaringannya di masyarakat cukup baik .


Jika linear hasil pileg,  koalisi " Ber_Gema" terlihat lebih lebih dominan dan diatas kertas lebih unggul karena memiliki sekitar 53 persen suara parlemen, namun terkadang dalam  pilkada masyarakat lebih memilih  ke figur personal daripada parpol.


Tidak hanya Strategi dalam menjemput simpati masyarakat menjadi penentu pasangan siapa yang keluar sebagai pemenang , namun akhir -akhir ini isu logistik dianggap paling berperan dalam merebut kemenangan.


Kini Demokrasi Prabumulih kian berkembang lantaran masyarakat diberikan menu pilihan calon pemimpin berkualitas yang dinilai mampu membawa Prabumulih lebih baik lagi kedepan .


Suara masyarakat sangat diharapkan mampu mengubah wajah Prabumulih lebih bersinar karena mendapat sentuhan calon pemimpin berpengalaman.


Penulis juga berharap masyarakat tidak golput dan wajib datang ke TPS pada 27 November 2024 mendatang guna menyalurkan hak pilihnya dengan hati nurani. Jangan salah pilih karena  pilihan kita sangat menentukan arah pembangunan  Kota Prabumulih lima tahun kedepan.


 KPU dan Bawaslu juga di pinta bekerja profesional dan netral sehingga pilkada Prabumulih serentak 2024 bisa berjalan lancar dan aman.


Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar