News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penjabat Wako Sambangi Puskesmas Prabumulih Barat Dalam Giat MKJP

Penjabat Wako Sambangi Puskesmas Prabumulih Barat Dalam Giat MKJP

 


SRIWIJAYANEWS | Prabumulih, – Penjabat Walikota Prabumulih, dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Drs. Amilton melakukan kunjungan ke Puskesmas Prabumulih Barat untuk menyaksikan pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Implan yang diselenggarakan oleh Dinas PPKBPPPA Kota Prabumulih, Kamis (12/9/24).

Untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan keluarga berencana, Pemerintah mencanangkan strategi program KB melalui MKJP. Merencanakan keluarga sejahtera dapat dimulai dengan memilih dan menggunakan alat kontrasepsi yang tepat. Salah satu pilihan metode kontrasepsi yang dapat dipilih adalah dengan metode kontrasepsi jangka panjang, yaitu implan.

Implan adalah alat kontrasepsi yang berbentuk batang plastik seukuran korek api dan disisipkan dibawah kulit lengan atas. Implan bekerja dengan cara melepaskan hormon progestin secara perlahan ke dalam tubuh. Hormon ini mencegah kehamilan dengan menghalangi pelepasan sel telur dari ovarium dan mengentalkan lendir serviks. Implan dapat mencegah kehamilan hingga 3-5 tahun.

Eti Gustina, SKM, M.Kes, Kepala Dinas PPKBPPPA Kota Prabumulih, menyampaikan bahwa target sasaran pelayanan MKJP sebanyak 100 akseptor telah terlayani sepenuhnya. Ia mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini dan berharap agar kegiatan serupa dapat terus diadakan untuk mencapai tujuan program KB secara menyeluruh. Ia menekankan bahwa program ini tidak hanya bermanfaat bagi individu tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan dalam menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas.

Asisten III Drs. Amilton juga mengungkapkan harapannya agar program KB lainnya dapat berjalan secara optimal.
“Program KB dapat menyelamatkan kehidupan perempuan, meningkatkan status kesehatan ibu, mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, menjarakkan kelahiran, dan mengurangi risiko kematian bayi,” ujarnya.

Selanjutnya, akseptor yang bersedia menerima pemasangan kontrasepsi jangka panjang implan diberikan bantuan uang transport senilai Rp.50.000 yang diserahkan secara langsung oleh Asisten III Drs. Amilton didampingi Kepala Dinas PPKBPPPA Eti Gustina SKM, M.Kes. (**)

 

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar