News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT RI ke-79 di Muara Enim Berjalan Khidmat dan Lancar

Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT RI ke-79 di Muara Enim Berjalan Khidmat dan Lancar


SRIWIJAYANEWS | Muara Enim ,- Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) emerdekaan Republik Indonesia (RI)  ke-79 dilapangan Merdeka, Muara Enim,Sabtu (17/08/24).

Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI Ke-79 ini dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Muara Enim, H. Henky Putrawan, S.Pt.,M.Si., M.M., .selaku Inspektur Upacara  Pada upacara tersebut Kapten Inf. Akhri Jawandi selaku Danramil 404-04/Gunung Megang didaulat sebagai komandan upacara sementara pembawa baki duplikat bendera pusaka oleh Fauziah Safitri, siswa SMA Negeri 1 Lawang Kidul.


Upacara diikuti TNI,Polri dan ASN tersebut turut dihadiri Forkopimda , Sekretaris Daerah Ir Yulius MSi dan seluruh Kepala OPD dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Dimulai sekitar pukul 07.00 WIB,Upacara  berlangsung khidmat dan lancar. Pembacaan teks proklamasi oleh Pj. Bupati  yang kemudian dilanjutkan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPRD Kab. Muara Enim, Liono Basuki, B.Sc. 

Momen peringatan kemerdekaan ini  dimeriahkan penampian sosiodrama perjuangan Bung Tomo dari pelajar SMA Negeri 1 Muara Enim.


Pj. Bupati menyampaikan selamat mempringati HUT RI ke-79 kepada seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang serta diharapkan peringatan ini dapat dijadikan momentum dan mengambil semangat untuk mengisi kembali kemerdekaan sesuai tema ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’.

" Mari kita mengenang jasa para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan serta mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan berbuat terbaik untuk bangsa atau daerah," harap PJ Bupati.


Dalam kesempatan tersebut PJ Bupati juga menyerahkan penghargaan dan piala Universal Health Coverage (UHC) dan Sertifikat Eliminasi Malaria kepada Dinas Kesehatan Muara Enim dan terakhir penyerahan bantuan sembako kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Muara Enim.

Usai Upacara, Bupati Muara Enim, H. Henky Putrawan, S.Pt., M.Si., M.M., bersama Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim, Hj. Yunika Sari, M. Bmd.,dengan  memberikan tali asih kepada 229 perintis kemerdekaan yang terdiri dari 11 orang Veteran, 55 orang Janda Veteran, 150 orang Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) dan 13 pemangku adat .dalam acara Ramah Tamah Bersama Para Legiun Veteran pada Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024 di Balai Agung Serasan Sekundang, Sabtu (17/08)


Pj. Bupati mengatakan pemberian tali asih sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi para perintis kemerdekaan dan veteran yang telah berkorban dan berjuang membela tanah air di Bumi Serasan Sekundang. 
.
Pj. Bupati tak lupa menyampaikan rasa syukur, sekaligus penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para Legiun Veteran atas pengabdian, jasa dan pengorbanan dalam memperjuangan dan merebut kemerdekaan. 

" Semoga para perintis kemerdekaan tetap berkontribusi membangun bangsa dan negara dan mendoakan selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan dari Allah SWT," harapnya.
.

Lebih jauh Pj. Bupati juga memohon dukungan dapat menjalankan amanah kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya dan  menegaskan Pemkab. Muara Enim akan selalu ada ditengah-tengah para pejuang kemerdekaan. 


Sebelumnya Sabtu dini hari, Pj Bupati Muara Enim H Henky Putrawan S.Pt M.Si, MM mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dipimpin oleh Kapolres Muara Enim AKBP. Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MM di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Pertiwi, Sabtu (17/08) dini hari pukul 00.00 WIB.


Di hari yang sama, Pj. Bupati Muara Enim, H. Henky Putrawan, S.Pt., M.Si., M.M.,didampingi Ketua TP PKK Kab. Muara Enim, dr. Hj. Yunika Sari, B.Md.memberikan remisi kepada 525 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Muara Enim.


Pj. Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh penerima remisi terlebih 11 diataranya langsung bebas atau Remisi Umum II dan menyampaikan remisi bukan hanya sekedar hadiah dari pemerintah, melainkan bentuk apresiasi bagi warga binaan yang telah berkomitmen mengikuti program pembinaan dengan baik. Untuk itu dirinya mengucapkan selamat kepada warga binaan atas pengurangan masa tahanan tersebut sebagai bentuk penghargaan negara atas perbaikan diri, sikap dan mental warga binaan untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu Pj. Bupati berharap kepada warga binaan yang telah bebas agar dapat berkontribusi secara penuh dalam pembangunan dan menjalani hidup sebagai warga negara yang baik, anggota bangsa dan masyarakat yang berguna di lingkungan tempat tinggalnya.  (ADV- Kominfo).



Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar