News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Prabumulih Ajak Media Berperan Aktif Lakukan Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak 2024

Bawaslu Prabumulih Ajak Media Berperan Aktif Lakukan Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak 2024

 


SRIWIJAYANEWS | Prabumulih ,-- Sebagai bagian masyarakat, media diharap tidak hanya mampu menyajikan informasi yang berimbang  kepada masyarakat, namun lebih dari itu bisa mengedukasi masyarakat peran masyarakat dan melaporkan tiap temuan pelanggaran  yang ada.


Hal ini disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kota Prabumulih, Afan Sira Oktarisma saat memberikan sambutan di kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dalam Pemilu Serentak Prabumulih 2024 bersama awak media di Fave Hotel, 6 Agustus 2024.



Menurutnya,kegiatan sosialisasi yang mengusung tema "  Peran Media Sebagai Pengawas Partisipatif kawal hak pilih Pada tahapan penyusunan daftar pemilih Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kota Prabumulih " ini bertujuan untuk membangun sinergitas dan hubungan baik dengan media.


" Karena tidak lama lagi tahapan pemilu akan dimulai dan Bawaslu juga sadar tidak mungkin mengawasi  tahapan pilkada sendiri tanpa teman-teman media," 


Sebagai bagian dari masyarakat, Afan juga berharap agar media mampu memberikan pengawasan partisipatif dan melaporkan setiap temuan yang ada di masyarakat .

Selaku Narasumber ,  Wakil Ketua Bidang Kerjasama PWI Provinsi Sumsel ,Anwar Rasuan mengatakan dalam menjalankan tugasnya wartawan harus netral dan tidak boleh memihak.


" Dalam menyampaikan informasi media harus berimbang ,tidak boleh menghasut , mengadu domba .Media harus dengan hati nurani yanh bersih setiap pemberitaan harus konfirmasi terlebih dahulu," ujarnya.


Tidak hanya proaktif dalam mencari informasi, media juga mempunyai tugas pokok untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak .


Anwar juga berharap agar media busa berkontribusi dalam  mensukseskan tahapan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota  serentak Prabumulih 2024.


" Mari kita jaga kondusifitas Prabumulih  dan teruskekompakan dan Marwah jurnalis," tegasnya.


Sementara itu, Narasumber lainnya d ari koordinator Akademi Pemilu dan Demokrasi Korda Kota Palembang, Eva Yuliana kegiatan Bawaslu ini merupakan amanat undang undang yang harus dijalankan.


Untuk menghadirkan demokrasi yang baik tidak hanya menjadi tugas pihak penyelenggara belaka, namun masyarakat dan media juga harus berperan aktif dalam mengawal setiap tahapan yang ada.


" Ini juga untuk Peningkatan partisipatif dan pengawasan tahapan pemilu, karena suksesnya pemilu salah satu nya ada kontribusi dari media.Informasi kan dari media, karena itu media dianggap penting  untuk mengedukasi masyarakat," tuturnya.


Semua kegiatan ini menjadi cikal bakal kesuksesan pemilihan walikota dan wakil walikota serentak di Prabumulih sehingga kualitas tiap tahapan pilkada  dapat di pertanggung jawabkan.


" Sebenarnya Tahapan krusial adalah tahapan penyusunan dan pendaftaran data pemilih, Karena jika data pemilih rujukan dari DPT tidak akurat  maka logistik akan bermasalah ," lanjutnya.


" Fungsi Bawaslu kedepankan pencegahan,  awasi baru penindakan,kegiatan ini salah satu upaya pencegahan ," pungkasnya.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar