News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terungkap, Karya Mulya Bakal Terima Program Penghijauan Dinas Kehutanan Sumsel Terbesar di Prabumulih

Terungkap, Karya Mulya Bakal Terima Program Penghijauan Dinas Kehutanan Sumsel Terbesar di Prabumulih

 


SRIWIJAYANEWS.COM | Prabumulih,- Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambang Kapak Tengah ( RKT) Kota Prabumulih berpeluang menerima kucuran bantuan program penghijauan Dinas Kehutanan Sumsel terbesar di Kota Seinggok-Sepemunyian.

Hal ini terungkap saat tim penyuluh UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IX Suban Jeriji Sumatera Selatan menggelar kegiatan pemantauan lahan bersama Kades Karya Mulya, Miril Firacha , Rabu (24/07/24).

 Kegiatan ini dalam rangka  mengidentifikasi lahan-lahan kritis di Desa Karya Mulya yang dinilai perlu mendapat penghijauan kembali sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kerusakan lingkungan seperti tanah longsor 

Menurut  data yang dirilis tahun 2022-2023, Desa Karya Mulya memiliki titik kawasan kritis  terbesar di Prabumulih, Untuk itu UPTD KPH Wilayah IX Suban Jeriji memandang perlu untuk melakukan pemulihan melalui program penghijauan .


 Yeyen Sunarto sebagai koordinator Penyuluh Kehutanan menyebut  Pertemuan ini menawarkan program penghijauan lingkungan melalui bibit tanaman kepada warga   serta  membahas seberapa  luas lahan  di Karya Mulya yang di nilai mendapat penghijauan kembali. 

Menurutnya , Program Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel untuk lahan kritis ini akan berlanjut selama 10 tahun dengan  kedepan sebagai upaya menjaga fungsi hutan melalui tanaman yang memiliki pengakaran yang kuat mulai dari biji seperti , pohon Aren dan Karet.

" Karya Mulya paling luas, namun hari ini kita hanya kroscek sebagai informasi awal dan pedoman jika Karya Mulya layak menerima penghijauan.Untuk jenis tergantung masyarakat, nanti akan dirilis daftar jenis tanamannya, tentunya yang produktif dan menghasilkan, Jika ada selanjutnya akan ada pemetaan lokasi dengan pengambilan titik koordinat,"  katanya.


Masih kata Yeyen, Program penghijauan  1 tahun 1 juta bibit ini bisa diajukan baik melalui kelompok maupun perorangan.

Sedangkan Untuk penghijauan tanaman buah  untuk pekarangan rumah bisa melalui  okulasi .

" Satu kelompok 15 orang dengan  bantuan 2 ribu bibit, sedangkan perorangan sebanyak 250 bibit.Untuk tanaman buah seperti Durian Bawor , Kelengkeng, Jambu,Mangga,Sawo,Nangka ,Rambutan dan sebagainya," 

Lebih jauh Yeyen mengemukakan  bahwa melalui program ini,  pihaknya konsisten menjaga keberlangsungan lingkungan dan pada 2034 ini pihaknya telah  berhasil menjalankan program penghijauan di beberapa wilayah di Prabumulih dan Muara Enim seperti , Pangkul, Cambai, Muara Sungai , Rambang Senuling,Lembak dan Kemang.

" Semoga program ini berjalan baik sekaligus bermanfaat buat masyarakat dan lingkungan ," harap Yayan.

Kepala Desa Karya Mulya, Miril Firacha, mendukung penuh dan  menyambut baik program ini dan mengaku siap  berkontribusi untuk mensukseskan program penghijauan di desa yang dipimpinnya.

 “Kami sangat mendukung upaya penghijauan yang diinisiasi oleh UPTD KPH Wilayah 9. Program ini sejalan dengan visi kami untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat. Kami siap bekerjasama dan mendampingi tim KPH dalam melakukan pengecekan lapangan serta mengajak warga untuk berpartisipasi aktif.” pungkasnya. ( @dit).


Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar