News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Pali Sukses Menggelar Festival Candi Bumi Ayu Kedua

Pemkab Pali Sukses Menggelar Festival Candi Bumi Ayu Kedua


SRIWIJAYANEWS | Pali --Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ( PALI ) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  sukses menggelar perlombaan tradisional dalam rangkaian acara Festival Candi Bumi Ayu (FCBA) tahun 2024 di Kawasan Candi Bumi Ayu, Di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, Rabu (29/05/24).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM itu diikuti oleh ratusan pelajar yang berasal dari lima kecamatan di Bumi Serepat Serasan.

Selain Bupati Heri Amalindo, tampak pula hadir sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab PALI, TNI, Polri, serta pelaku seni dan tokoh pemangku adat dalam wilayah kecamatan Tanah Abang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten PALI, Novita Febrianti, ST MT didampingi Kabid Kebudayaan, Siska Akhira menuturkan  bahwa kegiatan Festival Candi Bumi Ayu ini pertama digelar tahun 2023.

" Jadi tahun 2024 ini gelaran Festival Candi Bumi Ayu kedua," katanya.

Menurutnya, rangkaian kegiatan dari FCBA tahun 2024 dimulai pada hari ini, 29 Mei 2024 dengan kegiatan perlombaan tradisional yang diikuti para pelajar. 

" Ada Bakiak, Egrang dan Bolak Balik Balok. Serta lomba mewarnai yang diikuti oleh TK," terang Novita.

Novita menambahkan,  bahwa ada 27 tim yang berpartisipasi dalam perlombaan tradisional serta puluhan peserta lomba mewarnai.

"  Festival Candi Bumi Ayu tahun 2024 masih akan berlanjut pada hari Kamis dan Jumat. Untuk kegiatan pada hari Kamis, ada lomba teatrikal yang diikuti oleh peserta perwakilan kabupaten kota di Sumatera Selatan. Kemudian pada hari ketiga, digelar seminar kebudayaan," bebernya.

Lebih jauh Novita mengungkap bahwasanya dalam kegiatan FCBA, selain diisi hiburan juga ada beberapa STAN pameran yang dibuka kemudian dibuka juga STAN dari Disdukcapil PALI.

" Stan UMKM juga ada, Semoga kegiatan ini mampu mendorong serta mendukung untuk promosi Candi Bumi Ayu. Sehingga pada muaranya nanti akan tercipta peningkatan ekonomi masharakat bagi warga sekitar," tutupnya.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar